Bahan UPVC di Indonesia semakin populer dan  diminati akhir-akhir ini. Selain memiliki banyak keunggulan kusen bahan UPVC sangat mudah dalam hal perawatan juga. Anda harus tahu bahwa perawatan UPVC ini sangat berbeda dengan perawatan kusen material lainnya seperti kayu yang warnanya mudah memudar. Untuk itu Anda harus tahu bagaimana cara merawat UPVC dengan benar.

Menggunakan Kain Lap biasa

Kusen jendela atau pintu yang terbuat dari UPVC Anda bisa merawatnya dengan mudah, yaitu dengan mengelap dengan kain lap biasa yang memiliki serat atau lap kain sederhana.

Menggunakan Air hangat

Selain dengan mengelap kain lap biasa Anda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan percikan-percikan air hujan atau kotoran lain yang menempel di kusen. Air hangat berfungsi merontokkan kotoran tersebut yang menempel.

Menggunakan Cairan Khusus

Apabila kotoran yang terdapat di kusen atau jendela anda tidak dapat hilang dengan air hangat, Anda bisa mencobanya dengan cairan khusus pembersih UPVC. Cairan tersebut bisa ditemui di supermarket terdekat dan banyak dijual dipasaran. Cukup campur pembersih khusus UPVC dengan air hangat dan lap seperti biasa, maka kusen akan terlihat lebih bersih.

Membersihkan Debu di Silikon

Selain bagian luar Anda juga harus memperhatikan bagian dalam kusen UPVC. Anda bisa membersihkan debu di silikon dalam jendela dan kusen jendela dan pintu anda. Debu akan menghalangi pergerakan jendela dan pintu.

Bagaimana perawatan ini bisa anda lakukan sendiri dirumah dan tidak perlu repot memanggil tenaga ahli yang profesional untuk merawat kusen rumah Anda. Perawatan yang mudah dan praktis membuat UPVC unggul dari kusen berbahan jenis lainnya, kusen jenis ini harus dilapisi dengan cairan khusus anti rayap agar bisa tahan lama dari rayap. UPVC yang tahan air ini juga bisa menguntungkan karena bahan UPVC tidak akan memuai di musim-musim tertentu.