Dalam perkembangannya, jendela saat ini sudah berkembang menjadi banyak model dan juga banyak fungsi serta manfaatnya. Salah satunya jendela jungkit dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari jendela jenis tersebut

Sumber : google image

  1. Melihat Kondisi diluar Ruangan

Manfaat pertama dari jendela adalah tentu saja untuk membantu melihat kondisi yang terjadi di luar ruangan. Jendela yang biasanya terbuka, akan membuat siapapun yang berada di dalam ruangan bisa melihat dengan bebas ke luar ruangan. Hal ini akan sangat baik untuk fungsi mengawasi dan juga mengamati keadaan di luar ruangan.

Dengan adanya jendela, kita bisa melihat apakah kondisi ruangan aman atau kita bisa juga melihat kejadian apa saja yang terjadi di luar ruangan tersebut.

  1. Sebagai Pintu Masuk Udara dan Cahaya Matahari

Jendela juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk masuknya cahaya matahari, terutama pada pagi dan juga siang hari. Dengan masuknya cahaya matahari, maka kondisi rumah akan menjadi lebih terang, dan juga rumah ataupun suatu ruangan tidak membutuhkan cahaya lampu tambahan. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pemakaian listrik yang akan menjadi lebih murah dan juga akan menjadi lebih hemat.

Sumber : google image

  1. Sirkulasi Udara

Bagu anda yang mementingkan kesehatan, pastilah jendela merupakan salah satu hal terpenting yang harus ada pada ruangan anda. Jendela dapat membantu memberikan sirkulasi udara pada ruangan, sehingga udara lama yang berada di dalam ruangan bisa ditukar dengan udara baru yang segar dan juga menyehatkan.

Selain itu, udara yang terlalu lama berada di dalam ruangan tanpa di lakukan perputaran atau sirkulasi akan menyebabkan kondisi ruangan menjadi lebih apek dan juga berbau tidak sedap. Kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu kesehatan, karena dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Selain itu membuat jendela juga dapat memanfaatkan serat bambu, karena manfaat serat bambu ini dapat memperbaiki sirkulasi udara yang masuk melalui cela-cela bambu tersebut.

  1. Sebagai Emergency Exit

Pada beberapa ruangan, sepertu kantor dan juga rumah, atau pada kendaraan, seperti dalam bus dan juga kereta, jendela sering kali difungsikan dan juga dimanfaatkan sebagai emergenctly exit alias pintu keluar darurat apabila memiliki ukuran seluas lebar tubuh manusia. Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kebakaran dan juga berbagai kejadian lainnya yang dapat membahayakan nyawa siapapun yang berada di dalam ruangan tersebut.